DPMD Resmikan Kerapat Adat Nagari Sumbar

Kontras Independent Media Restorasi dan Informsi Publik

Ket foto : Kabid BPMD saat resmikan Kerapat Adat Nagari.

www.kontrasindependent.com Sumbar- Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa DPMD Provinsi Sumatera Barat yang diwakili oleh Kabib Adat DPMD Drs.Akral,MM meresmikan sekaligus pengukuhan kepada Gusman Sahrel SH Sebagai Ketua Kerapat Adat Nagari KAN Sasak periode 2022-2027.

Orientasi yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Sumatera Barat itu dilaksanakan di Kantor Kerapatan Adat Nagari Sasak Kecamatan Ranah Pesisir Kabupaten Pasaman Barat Kamis 24/02.

Kegiatan tersebut dibuka Kepala bidang Adat DPMD Sumbar Akral pada Kamis (24/02) beliau menyebut, orientasi ini penting dalam penguatan kelembagaan adat di nagari-nagari dalam wilayah Provinsi Sumbar Justru terakhir terkesan lembaga adat dan pemangku kapasitasnya di nagari kurang kurang aktif.

Namun kata Akral, yang penting pelihara sakato kaum/ suku dalam upaya penguatan fungsi limbago dan organisasi adat di nagari terdapat fenomena, fungsi limbago adat (penghulu/ rajo) tidak kuat.

Fungsi organisasi adat satu-satunya KAN dalam menfasilitasi dan memediasi penguatan limbago adat, oleh karena itu di samping kita berharap, kata Akral bahwa limbago adat dikuatkan oleh organisasi KAN, kaum dan suku masing-masing di nagari harus kuat, jangan dibawa ketidaksepakatan kaum.

Hal Senada juga di sampaikan Ketua Badan Musyawarah Nagari BAMUS Pasrial Sutan Mudo Dalam penyampaiannya Pasrial yang mewakili pemerintah kenagarian Sasak Sangat berhat kepada Pengurus Kerapatan Adat Nagari ( KAN ) Sasak Priode 2022 – 2027 yang mana kepengurusan yang selama Ini fakum sehingga pemerintahan Nagari tidak mengangarkan dana untuk KAN.

“Pasrial sutan muda berharap kepada pengurus KAN Yang baru betul betul exsis dan punya agenda agar dana yang akan di anggaran dari dana ADD betul betul bisa teralisasi..”Harap pasrial.

Sutan muda Dalam acara peresmian tersebut hadir Ninik Mamak Cadiak Pandai bundo kandung,Tokoh masyarakat tokoh pemuda Bamus, Camat Sasak yang diwakili Sekretaris Camat.dan tamu beserta undangan lainnya.(Burhan).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *