Bupati Malang Tinjau Pembangunan Ruas Jalan Pagak-Kalipare dan Arah Donomulyo

Spread the love

Kontras Independent Media Sarana Restorasi dan Informasi Publik 

Ket foto : Bupati bersama OPD saat tinjau lokasi.

www.kontrasindependent.com Malang- Bupati Malang Drs. H. M. Sanusi, MM., didampingi Kepala Dinas PU Bina Marga Khoirul Isnaidi Kusuma ST, MT. dan sejumlah Kepala OPD lainya meninjau pembangunan ruas jalan Pagak, Kalipare dan Donomulyo, Kamis 30 Mei 2024.

Akses jalan menuju pesisir Malang Selatan terus dilakukan perbaikan dan pelebaran. Seperti yang di ketahui bahwa Tahun 2024 ini, Pemerintah Kabupaten Malang sudah mengajukan usulan Inpres Jalan Daerah (IJD) ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). 

Saat ini tiga ruas jalan yang akan diperbaiki dan dilebarkan itu adalah Jalan Kepanjen-Pagak, Pagak-Sumbermanjing Kulon (Sumakul), dan Jalan Kalipare-Donomulyo. Sebab, di jalan tersebut terdapat kerusakan jalan yang cukup parah akibat longsor tahun 2023 lalu. Salah satunya di Rajekwesi Kecamatan Kalipare.

Dalam tinjauan pertamanya, Bupati Malang beserta rombongan yang saat itu mengendarai kendaraan roda empat menuju Rajekwesi Kecamatan Kalipare. “Peninjauan kali ini, saya ingin memastikan pekerjaan perbaikan jalan ini berjalan dengan baik dan bisa terselesaikan dengan target waktu yang telah ditentukan agar jalan ini bisa difungsikan kembali karena merupakan jalan utama dan jalur tercepat menuju wilayah Kecamatan Donomulyo dari arah Kalipare. Target perbaikan jalan ini harus selesai dalam waktu 150 hari,” jelas Bupati Malang kepada awak media.

Setelah dari Rajekwesi, Bupati Malang beserta rombongan menuju titik selanjutnya yakni meninjau sepanjang jalan menuju Kecamatan Donomulyo hingga finish di Pantai Ngliyep. Beliau akan mengembangkan Pantai Ngliyep agar menjadi tujuan wisata, baik wisata sesaat maupun yang ingin bermalam, Sudah disediakan pendopo untuk tempat pertemuan dan akan terus dikembangkan. 

Pemkab malang juga sudah bekerjasama dengan Ikatan Petani Hutan yang nantinya bersama-sama membangun Pariwisata Kabupaten Malang. Kedepannya untuk transportasi akan disediakan shuttle bus dan sarana prasarana seperti arena bermain anak, kolam renang dan lain sebagainya. Hal ini dikarenakan Pantai Ngliyep adalah salah satu wisata Nasional yang ada di Kabupaten Malang.

Ikut mendampingi Kepala Desa Kalipare Saiful Anwar di konfirmasi (31 Mei 2024) menyampaikan pihaknya sangat mengapresiasi pada Bupati Malang yang telah meninjau kesekian kalinya guna pekerjaan jalan wilayah rajekwesi dan lainya bisa segera terselesaikan di tahun ini.

“Harapan saya pekerjaan tersebut segera terlesaikan pasalnya jalan itu memang jalan Lintar perekonomian masyarakat, selain itu juga jalur menuju ke tempat wisata, tak hanya itu masyarakat sangat butuh sekali karena memang jalan satu-satunya lintas antara Kalipare-donomulyo,” ujar Kades.

Sementara Camat Kalipare Nur Soleh Hidayat menyampaikan “Kami mendampingi Bupati Malang meninjau progres pengerjaan jalan raya rajekwesi yang beberapa saat lalu mengalami longsor,kini jalan tersebut sedang dalam tahap pelebaran ruas jalan,”

“Sehingga akses jalan ditutup total mulai April sampai Juli mendatang. Diketahui bahwa jalan tersebut merupakan akses masyarakat dari arah Kecamatan Kalipare menuju Kecamatan Donomulyo,sementara saat ini untuk akses kendaraan dialihkan melalui jalur Kecamatan Pagak. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya selama proses pengerjaan jalan ini,”Timpal Camat.(Utsman)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *