KPU Padangsidimpuan Rapat Koordinasi Pembentukan KPPS, Ini Jumlah Rekruitmen Yang Dibutuhkan!

Spread the love

Www.kontrasindependent.com – MALANG 1 Desember 2023 – JAWA TIMUR – Koin,,Kontras independent provinsi Sumatra barat.

Padangsidimpuan, Komisi Pemilihan Umum Kota Padangsidimpuan Menyelenggarakan Rapat Koordinasi Persiapan Pembentukan KPPS Untuk Pemilu Tahun 2024 di Aula UIN Syehk Ali Hasan Addary , jln. Ht. Rijal Nurdin Kelurahan Sihitang, (Selasa 5-12-2024.).

Ketua KPU Kota Padangsidimpuan Tagor Dumora Lubis menjelaskan, saat ini tahapan pemilu telah memasuki masa kampanye yang merupakan salah satu tahapan krusial sehingga perlu dikelola dengan baik.

Dalam Rapat Kali ini ,Komisi Pemilihan Umum Kota Padangsidimpuan, Membahas Berbagai Acuan Yang berkaitan dengan KPPS,Termasuk jumlah Anggota KPPS yang di butuhkan.

Tagor menyampaikan, KPU Kota Padangsidimpuan Membutuhkan sebanyak 4.914.

Orang petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara atau KPPS untuk Pemilihan Umum 2024.Sedangkan untuk linmas pada pemilihan umum 2024 mendatang dibutuhkan 1.404 orang.

Maka,secara keseluruhan KPU Kota Padangsidimpuan membutuhkan yaitu jumlah TPS 702,bila dikalikan Tujuh sama dengan 4.914 dan jumlah TPS dikalikan 2 orang linmas sama dengan 1.404.

Bila dijumlahkan antara jumlah KPPS dengan jumlah linmas 4.914 orang +1.404 orang = 6318 orang .

Tempat Pendaftaran KPPS di kantor Pemungutan Suara di desa atau dikelurahan masing -masing domisili.

“Kebutuhan itu disesuaikan dengan jumlah tempat pemungutan suara (TPS) sebanyak 702 dikali tujuh orang petugas KPPS maka jumlah keseluruhan 4.914 orang,” kata Ketua KPU Kota Padangsidimpuan di sela Rapat Koordinasi Pembentukan KPPS 2024 di Sidimpuan.

Kemudian bersamaan dengan tahapan kampanye, KPU juga melakukan perekrutan KPPS yang sesuai jadwal dimulai dengan pengumuman pendaftaran calon anggota KPPS pada 11 November 2023 hingga 25 Januari 2024.ujar Tagor.

Kemudian di waktu Yang Sama ,Komisi Sosdiklih ,Parmas dan SDM Parlagutan Harahap ,Menjelaskan kepada wartawan Saat dikonfirmasi di tempat acara, dimana Masa kerja KPPS selama 30 hari, terhitung mulai 25 Januari hingga 25 Februari 2024,” ujarnya.

Perekrutan KPPS dilakukan oleh masing-masing Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang tersebar pada 37 kelurahan 42 desa total 79 yang ada di Kota Padangsidimpuan.

Berharap PPS bekerja profesional dalam perekrutan anggota KPPS dan selalu berpedoman pada aturan yang berlaku.

“Prioritaskan warga setempat, jangan mengambil atau merekrut warga di luar domisili. Pastikan semua dokumen pendaftar diteliti dengan baik supaya tidak menimbulkan masalah di kemudian hari,” tutur Parlagutan Harahap.

Pada rapat koordinasi ini, KPU Kota Padangsidimpuan mengundang anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), sekretaris PPK, dan ketua PPS.

Dalam hal ini, PPK sebagai perpanjangan tangan KPU harus menguasai materi-materi terkait kampanye, jangan sampai peserta pemilu bertanya, PPK tidak bisa menjelaskan karena kampanye salah satu tahapan cukup panjang, mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024,” katanya.

Jika sebelumnya, KPU menggunakan Aplikasi SIAKBA untuk rekrutmen PPK dan PPS, kali ini juga tidak jauh berbeda, namun Aplikasi SIAKBA ini akan digunakan saat 7 Anggota KPPS tiap TPS nya sudah terpilih.pungkas Parlagutan.(BR).

Publisher : Rayhan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *