Satreskrim Polres Tapsel Gerak Cepat Respon Yang Viral Di Tiktok Terkait Aksi Pungli Di Jalan Umum Menuju PLTA.

Spread the love

Kontras independent media sarana restorasi dan media sarana Informasi Publik

Www.kontrasindrpendent.com – Tapanuli Selatan 17 Mei 2023 – Sumatera Utara – Begitu mendapat informasi terkait aksi pungutan liar (Pungli) di Jalan Umum menuju PLTA Marancar yang viral di Tiktok, personel Sat Reskrim Polres Tapanuli Selatan (Tapsel) langsung gerak cepat tangkap para pelaku, Selasa (16/5/2023) sore.

Tak tanggung-tanggung, Kasat Reskrim Polres Tapsel, AKP Rudy Saputra, SH, MH, bersama Kanit Pidum, dan Tim Opsnal, langsung terjun ke lokasi. Berkat gerak cepat, Sat Reskrim Polres Tapsel berhasil tangkap 3 pria terduga pelaku Pungli yang viral di Tiktok tersebut.

Pada Rabu (17/5/2023) sore, Kasat Reskrim menjelaskan terkait kronologis dugaan Pungli tersebut. Berdasarkan informasi, kata Kasat, Minggu (14/5/2023) sore, ada sekelompok oknum organisasi bongkar muat yang mendadak berhentikan sebuah Truk bernomor polisi BB 8372 IW bermaterial bahan proyek.

“Para oknum yang mengatas namakan organisasi bongkar muat bahkan menahan Truk tersebut. Mereka tidak memperbolehkan sopir Truk memasukkan kenderaannya, sebelum sang sopir membayar uang sebesar Rp2,5 juta,” jelas Kasat.

Foto Para Tersangka By Syahminan Rambe

Karena sopir keberatan dan tidak memiliki uang, sebut Kasat, akhirnya para oknum tersebut menahan surat jalan dan juga Truk tersebut. Dan sopir, tidak boleh bergerak. Selanjutnya, petugas pengamanan (Pam) PLTA Aiptu Edison Hutajulu mendatangi Pos organisasi tersebut.

“Petugas Pam, sempat memerintahkan sopir segera membawa Truk tersebut ke dalam PLTA pada Senin (15/5/2023) malam. Namun, para oknum tersebut tetap tak memberikan jalan bagi sopir untuk membawa kenderaannya,” imbuh Kasat.

Sat Reskrim Amankan 3 Orang Terduga Pelaku
Kasat melanjut, lantaran frustasi Truknya tak bisa lewat, sang sopir memviralkan aksi para oknum organisasi bongkar muat tersebut. Sang sopir memohon kepada kepolisian, agar Truknya bisa lewat. Dan, menanggapi hal itu, Kasat Reskrim langsung bergerak ke lokasi.

“Setelah melakukan penyelidikan, kami telah mengamankan tiga orang terduga pelaku. Mereka adalah, KAS, AH, dan TPS. Dari hasil pemeriksaan, ketiganya membenarkan telah melakukan percobaan pemerasan atau pengancaman yang memenuhi unsur Pasal 368 Juncto Pasal 53 Subsidair Pasal 335 dari KUHP,” beber Kasat.

Kasat mengaku, bahwa pihaknya juga mengamankan barang bukti berupa sebuah buku ekspedisi berisi data Truk yang masuk. Dan, 10 blok buku kuitansi. Saat ini, pihaknya tengah melakukan penyelidikan lebih lanjut terkait kasus ini.

“Kami juga akan memanggil saksi lain dan calon terduga pelaku lain yakni, GP dan PR. Serta kami juga akan memintai keterangan Ketua dari organisasi bongkar muat tersebut,” pungkas Kasat menutup.

Sebelumnya, salah satu akun Tiktok @trisugiarto816 memposting video Truknya yang tertahan tak bisa jalan. Pemosting menuliskan permohonan perlindungan ke Bupati dan Kapolres Tapsel, agar Truknya yang sudah dua hari tertahan, bisa kembali jalan.

Sebanyak 58 ribu lebih netizen memberikan tanda like terhadap postingan tersebut. Bahkan saat ini, yang mengomentari postingan tersebut tembus 7200 kali. Postingan tersebut, juga mengundang ragam komentar dari netizen.(BR)

Publiser : Mila – Viansyah

Pemimpin Redaksi : Fathur Rochman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *