LPK Sakang Mou Dengan Pemkab Tapsel Melalui Disnaker, Menjadi Instruktur Magang Ke Jepang!

Spread the love

Kontrasindependent.com-Tapsel, Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan melalui Dinas Ketenagakerjaan melaksanaan program pelatihan pemagangan ke Jepang yang bekerjasama dengan LPK sakkang.

Bupati tapsel H.Dolly Putra Parlindungan Pasaribu membuka sekaligus memberikan arahan, kepada anak didik magang yang sudah mendaftar, dan program pelatihan magang ke Jepang ini, sejalan dengan visi misi bupati untuk mencapai tapsel yang maju, maka sumber daya alam tapsel dikelola dan dimanfaatkan secara produktif dan lestari,dan tidak melupakan anak cucu kita ke depan,

Kemudian tapsel itu maju, bila berangkat dari sumber daya manusia harus lebih sehat cerdas dan lebih sejahtera. membangun sdm dan sumber daya alam.merupakan suatu yang menjadi cita -cita kita bersama.”harap Bupati Tapsel Dolly Putra Parlindungan Pasaribu

Dan program kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas daya saing yang kompeten dan mampu bersaing dengan pencari kerja lain, dan pelatihan magang merupakan proses pematangan untuk anak anak kita.”Tutur Bupati Tapsel Dolly Pasaribu Di Balai Latihan Kerja Tapsel, Siharang Karang Kota Padangsidimpuan.
Rabu (10-05-2023)

Kemudian, Kepala Dinas Ketenagakerjaan Ahmad Raja Nasution,Pelatihan pemagangan ke jepang dilaksanakan selama 60 hari kerja atau kurang lebih 2,5 bulan. Dengan peserta sebanyak 20 orang dari berbagai kecamatan di kabupaten Tapanuli Selatan. Peserta terdiri dari 19 orang laki-laki dan 1 orang perempuan.

Tempat pelaksanaan nya di Balai latihan kerja Tapanuli Selatan. Di Danai oleh APBD kabupaten Tapanuli Selatan DPA dinas ketenagakerjaan daerah.

Pelatihan terdiri dari pelatihan bahasa jepang, matematika dasar, dan kesemaptaan.

Pelatihan ini bertujuan untuk membantu pencari kerja khususnya putra putri daerah kabupaten tapsel dalam mengikuti seleksi tahap I program magang ke jepang yang di adakan dan di uji langsung oleh IM JAPAN di provinsi Sumatera Utara. Harap kadis”

Pelatihan program pemagangan ke jepang di daerah kabupaten Tapanuli Selatan untuk tahun sebelumnya Tahun 2022 juga juga dilaksanakan dan di dapati hasil sebanyak 9 orang lulus seleksi. Beber Raja”

Dan, sedang mengikuti Pendidikan dan Pelatihan tahap akhir di jakarta dan Mudah-mudahan 9 orang putra putri Tapsel ini akan berangkat pemagangan ke Jepang.”Ungkap” Kadis Ketenagakerjaan Ahmad Raja Nasution.”

Sementara, Direktur/Owner LPK Sakang Muhammad Idris lubis , yang beralamat di perumnas pijorkoling tersebut,sudah cukup berpengalaman didalam instruktur dalam pelatihan magang ke Jepang,

Dimana Lpk sakang ini, secara mandiri sudah menamatkan 3 alumni, dan saat ini yang berada di Jepang ada 20 orang ,sedangkan yang akan menyusul ada 9 orang.

Kemudian, untuk saat ini Pemkab Tapanuli Selatan Mou Lagi dengan LPK Sakang /Kerja sama dengan Disnakertrans ada 20 (dua puluh) orang, sebelumnya ada 9 orang.

Sementara itu, pelatihan awal diberikan di lokasi
(Bahasa Jepang, pengetahuan tentang hukum dan kehidupan sehari-hari di Jepang)

Sebelum diberangkatkan ke Jepang, kami memberikan pelatihan peserta magang dengan membagi peserta ke dalam kelas kecil beranggotakan sedikit orang untuk dapat memusatkan proses pendidikan dan pelatihan dengan kurikulum yang dapat membangkitkan hasil ketika tiba di Jepang nanti.

Foto Gambar By Rambe KontraS Independent Sumatera Utara

Kami hanya akan merekomendasikan dan memperkenalkan mereka yang telah menyelesaikan program ketat kami. Berikut ini kami jelaskan yang akan menjadi syarat administrasi dan Tahapan seleksinya:
Tutur”Direktur/Owner LPK Sakang Muhammad Idris lubis

PERSYARATAN ADMINISTRASI PESERTA PEMAGANGAN LUAR NEGERI KE JEPANG MELALUI LPK SAKANG TAHUN 2023

1.Surat Lamaran bermaterai cukup
2.KTP(Sumut) kartu Keluarga kartu kuning dan akte kelahiran.
3.Ijazah (STTB) dari SD sampai terakhir
4.Raport SMA/SMK
5.Surat Rekomendasi Kelurahan
6.Surat Keterangan Dokter
7.Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari kepolisian setempat.
9.Surat Izin Orang Tua/Wali/Istri/Suami bermaterai cukup
10.Foto keluarga ukuran 4R sebanyak 2 lembar yaitu 1 foto keluarga dan 1 foto rumah/tinggal.
11.Surat Pernyataan belum pernah mengikutiprogram training/pemagangan di jepang.
12.Pas foto berwarna terbaru ukuran 4×6 sebanyak 6 lembar, dan ukuran 3×4 Sebanyak 4 lembar.
13.setifikat latihan kerja minimal 160 jam pelajaran.

Surat pernyataan sanggup mengikuti tes ketahanan fisik.

TAHAP SELEKSI

1.Pemeriksaan administrasi
Pemeriksaan administrasi awal oleh panitia daerah:
-Kelengakapan dokumen
-Keaslian dokumen

2.Test matematika dasar
Sebanyak 20 soal dengan waktu 15 menit. Standar kelulusan minimal betul 14.

3.Kesamaptaan tubuh (cek fisik)
Antara lain tidak boleh ada cacat,tato ataubekas tato,tindik tindik atau bekas tindik.

(untuk peserta perempuan lubang tindik tidak boleh lebih dari 1 lubang pada
masing-masing telinga), patah tulang atau bekas patah tulang, tuli, penyakit kulit,
kaki semper, kaki O, kaki X, disfungsi organ tubuh, buta warna, berkaca mata,
silindris, bekas operasi (bekas kecelakaan, luka bakar, usus buntu dan hernia + 1
(satu) tahun, caesar lebih dari2 (dua) tahun, karena penyakit)

Selain kesamaptaan tubuh diperiksa pula;
Tinggi badan minimal 158 cm untuk laki-laki dan berat badan 50 kg.

4.Tes ketahanan fisikLari Nonstop 3 kilometer, waktu tempuh maksimal 15 menit
-Push Up 35 kali
-Sit Up 25 kali
-dan wawancara

Medical chekup, ujian tes bahasa Jepang, setelah itu masuk diklat pendidikan di medan selama 2-3 bulan,ujar”Direktur/Owner LPK Sakang Muhammad Idris lubis

Selama di medan pelatihan magang untuk biaya makan sendiri, sedangkan untuk diklat biaya gratis, dan akan di asuh oleh instruktur yang sangat berpengalaman dan tidak perlu di ragukan lagi yaitu IM Japan yang sudah berdiri sejak tahun 1992 dan IM Japan sudah bekerja sama dengan Republik Indonesia sejak 1992 sampai dengan sekarang.” ucap”Direktur/Owner LPK Sakang Muhammad Idris lubis

Di medan Anak didik kita akan berkumpul dengan anak didik magang lainnya dari beberapa kabupaten kota yang ada di Sumatera Utara.

Dimedan,para peserta didik yang magang ke Jepang akan diseleksi, tes bahasa Jepang, sikap, disiplin,

Setelah diseleksi yang ketat dimedan, kemudian akan di berangkat ke Jakarta, sesampainya di jakarta akan akan dilakukan lagi program pelatihan magang selama 2-3 bulan.”Tegas”Direktur/Owner LPK Sakang Muhammad Idris lubis

Di jakarta, para peserta pelatihan magang ke Jepang anak didik kita yang ada di sumut, akan berkumpul dengan para peserta didik pelatihan magang dari berbagai propinsi yang di seluruh indonesia.

Tempat berkumpul tersebut dijakarta persis di Bekasi cevest atau BLK pusat indonesia. Untuk pembiayaan Pelatihan nya gratis seta ongkos ke Jepang pun gratis.

Satu minggu sebelum selesai pelatihan pemagangan,maka untuk tempat bekerja sudah di umumkan dan dimana kota tempat kita bekerja

Sesampainya di Jepang,para peserta magang ini akan belajar lagi di Jepang selama 1 bulan,dan yang menjadi instruktur disana yaitu dari Negara Jepang dan sepengetahuan biasanya di alihkan kepada kepercayaan mereka masih orang Indonesia.

Di Jepang, Anak Didik Pelatihan magang dari Indonesia, Akan Berkumpul dengan negara Lain Seperti Negara Vietnam,dan Negara Thailand.

Sementara untuk Skema penggajian anak didik yang sudah di berangkatkan, selama magang satu bulan sesampainya di Jepang sudah langsung di gaji. Beber” Direktur/Owner LPK Sakang Muhammad Idris lubis

Dan gaji tersebut langsung dikirim ke rekening masing masing, tugas LPK sakang saat magang di medan akan selesai lalu akan di ambil alih IM Japan dan propinsi.

Sementara untuk Kuota yang akan di berangkatkan, tidak memiliki batasan berapa banyak. Tidak ada batasan.”Pungkas Direktur/Owner LPK Sakang Muhammad Idris lubis .(BR).

Publisher: Viansyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *