Maraknya Berbagai Pemberitaan Tentang Penyakit Di Pergatian Musim Dinkes Kabupaten Malang, Berikan Tanggapan

KontraS Independent Media Sarana Restorasi Dan Informasi Publik

www.kontrasindependent.com – 24 Januari 2023 – Kabupaten Malang,IMR – Beredar kabar pemberitaan berbagai penyakit, di pergantian musim, Dinkes Kabupaten Malang himbau masyarakat agar selalu waspada dan selalu menjaga kesahatan diri.

Dinas Kesehatan Kabupaten Malang jl.Panji No.120, Panarukan, Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang , menemukan berbagai penyakit di saat pergantaian musim, ada beberapa penyakit di musim panca roba di antaranya Flu, Demam, Diare, DBD, dll.

Ket : foto Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Malang.

Kasus tertinggi, dalam musim panca roba adalah penyakit Deman Berdarah Dengue ( DBD ). Sudah terdeteksi Mulai Januari awal hingga sampai saat ini, tahun 2023 sudah mencapai 26 kasus.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang menyampaikan, Dinkes selalu menyampaikan kepada FasKes ( Fasilitas Kesehatan ) Puskesmas, agar selalu waspada dan memberikan surat edaran untuk Puskesamas agar selalu melakukan penyuluhan agar terhindar dari bahaya Deman berdarah di saat panca roba seperti ini, ucap Dr. Wiyanto Wijoyo Kadinkes Kabupetan Malang.

“Upaya kami dalam melakukan pencegahan, dalam menangani penyebaran DBD, kami selalu melakukan penyuluhan kepada Puskesmas, untuk selalu waspada karena penyebaran DBD (Demam Berdarah Dengeu) sangat cepat di Kabupaten Malang dan harus bisa teratasi” Jabarnya.

Untuk pencegahan DBD, bisa dilakukan berbagai cara supaya terhindar dari gigitan nyamuk, 3 M plus ini bisa digunakankan agar terhindar dari serangan nyamuk yang berbahaya bagi balita dan orang dewasa.

“3 M plus, Menguras, Menutup, dan Mendaur ulang kembali, plus nya itu bisa di gunakan lotion anti nyamuk, menyemprot, dan membuang genangan air, dan menjauhi lokasi lakasi yang rawan adanya nyamuk mengigit”, pesanya.

Untuk mengenali gejala awal terkena DBD adalah Panas suhu tubuh, nyeri di perut atau mual mual, turunnya nafsu makan, kondisi tubuh lemah, “Untuk mengenali gejala awal DBD, biasanya suhu tubuh panas, trus ada nyeri di perut, mual mual, dan kondisi tubuh pada saat itu sedang kondisi yang tidak fit, karena serangan DBD tersebut menyerang dalam kondisi badan lemah”, jelasnya.

Selain DBD masyarakat harus berwaspada dengan andanya penyakit yang menyerang di musim panca roba, di antaranya ISPA ( Infeksi Saluran Pernafasan Atas), Diare, Influenza.

“Tidak hanya DBD, masyarakat harus waspada dengan adnya penyakit penyakit yang akan menyerang, di antaranya ISPA ( Infeksi Saluran Pernafasan Atas), Diare, dan Influenza. Sehat itu mahal, kami Dinas Kesahatan Kabupaten Malang berharap agar masyarakat bisa menjaga untuk tetap hidup sehat”, harapnya.


barcode kontras

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *