DAERAH SUNGAI BATANG NATAL MADINA’ DESA AMPUNG SIALA MULAI DI PERBAIKI.

kontras independent media sarana restorasi dan informasi publik

www.kontrasindependent.com.

Koin Mandailing NataL -Sungai Batang Natal, Kecamatan Batang Natal, Kabupaten Mandailing Natal ( Madina) yang berada di desa Ampung Siala saat ini mulai diperbaiki dengan melakukan pengorekan diwilayah aliran sungai Batang Natal,sepanjang -+ seribu lima ratus meter ( 1500 M) oleh salah satu Pemilik Usaha Dagang( UD) Nasir” Kamis 31/2/2022.

Program ini terlaksana tidak terlepas dari spot dan dukungan kepala desa serta kawan – kawan di yang bermukim di wilayah ini.
“Pasalnya,pelusuran aliran sungai ini sudah eksen berjalan selama satu bulan( 30 hari) dan biaya kasaksinya per hari sebesar Rp 30 juta( tiga puluh juta rupiah)

Hal ini dijelaskan Nasir,bahwa di sepanjang aliran sungai Batang Natal di desa Ampung Siala,terdampak banjak titik tersumbat disebabkan bekas peninggalan penambang masyarakat dengan adanya lubang – lubang yang menganga Yang efeknya nanti dapat menimbulkan dampak bagi masyarakat Ampung Siala,saat musim penghujan yang curahnya tinggi” sebutnya.

Hal senada disampai Bapak Mawardi lubis, yang juga warga Desa Ampung Siala,menjelaskan sangat antusias dan bersyukur atas pelusuran sepanjang aliran sungai ini yang dikerjakan oleh Bapak Nasir.

” Karena sebelumnya rumah pemukiman kami sering terendam banjir akibat luapan sungai dari sungai ini disaat musim penghujan” sebutnya.

Tak luput dengan pelaksanaan ini Bapak Kapolsek beserta Camat Batang Natal,saat di konfirmasi terkait pekerjaan yang dilakukan Bapak Nasir ,mereka sangat mendukung dan mengapreisasi niat mulia ini.
Dimana Bapak Nasir dengan Nawaitu telah membantu dan memikirkan dampak negatif terhadap masyarakat Desa Ampung Siala di masa yang akan datang.

Kapolsek juga dengan jelas telah menyampaikan,selama berjalan pekerjaan ini terhadap pelusuran badan sungai di desa Ampung Siala sudah tiga kali turun langsung kelapangan dengan perbaikan -+ 7 M di pinggiran sungai dan Alhamdulillah sudah selesai -+ 500 M.
Maka dengan demikian,saya Kapolsek Batang Natal mewakili muspika se kecamatan Batang Natal ,menghimbau masyarakat desa lainnya,kiranya melakukan hal yang sama supaya menutup bekas lubang yang masih menganga agar tidak memakan korban.
Biar nantinya keindahan alam ini dapat dipergunakan anak cucu kita kelak di kemudian hati” Imbuhnya.



pimpinan pusat dan wakil pimpinan pusat
Penasehat pusat
Todung Mulya Lubis im Kontras Sumatera Barat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *