Aktivis HAM Kontras Independent Sumatera Utara Soroti Tragedi Dugaan Keracunan Warga Dari PT SMGP Di Madina.

KontraS Independent Media Sarana Restorasi dan Media Sarana Informasi Publik.

Www.kontrasindependent.com – 21 Maret – 2022 – MADINA SUMATERA UTARA – Aktivis Hak Azasi Manusia (HAM) Kontras Independent Sumatera Utara Todung Mulya Lubis, Soroti Tragedi Dugaan Keracunan puluhan warga dari PT Sorik Marapi Geotermal Power (SMGP) Di Desa Sibanggor Julu Kecamatan Puncak Sorik Merapi Kabupaten Mandailing Natal (Madina) provinsi Sumatera Utara pada hari minggu tanggal 06/03/2022.

Todung Mulya Lubis selaku Aktivis HAM Kontras Indevendent Sumatera Utara dalam tragedi ini ,mengatakan bahwa puluhan warga di desa Sibanggor Julu yang diduga keracunan Hidrogen Sufrida(H2S) pada saat well test well pad AAE di PT.SMGP yang jaraknya 300 M dari lokasi well pad AAE diduga Akibat Kelalaian pihak perusahan,sehingga 58 warga yang berada diwilayah pemukiman didekat lokasi ini pada hari minggu 06/3/2022 dilarikan kerumah sakit.

Padahal sebelumnya, pada tanggal 25 Januari tahun 2021 yang lalu dimana pembangunan Power Plant pembangkit listrik Tenaga Panas Bumi (PLTB) tersebut juga warga pernah keracunan dan menelan korban jiwa( meninggal dunia), namun sampai saatnya ini perusahaan tetap beroperasi” Sebut Todung.

Tentu” dalam Tragedi yang sudah pernah terjadi pada Tahun 2021 yang lalu, pihak PT.SMGP yang berlokasi di Desa Sibanggor Julu, seharusnya lebih berhati – hati dan profesional menyikapi ini sebagai pembelajaran kedepan.

Foto Tudong Mulia Lubis Aktivis HAM KoiN Sumatera Utara.

” Namun, pada hakikinya Todung menilai pihak perusahan seolah – olah melakukan pembiaran seperti halnya Anjing menggonggong Kafilah Berlalu dan adanya pelanggaran Hak Azasi Manusia.
Maka dari itu ,dari pantauan Kontras HAM Indevendent Sumatera Utara Todung Mulya Lubis,terkait paparan dugaan Keracunan(H2S) terhadap warga didesa sibanggor Julu yang sudah menelan korban jiwa Derektur Jenderal Energi Baru Terbarukan) dan kementerian ESDM(EBTKE) Di Jakarta hendaknya dapat mengambil langkah tegas terhadap PT. SMGP dan bertanggung jawab dalam halal ini terhadap kenyamanan harmonisasi warga” Tutur Todung.

Dengan tragedi yang terjadi pada tanggal 06/03/2022 kemarin sebanyak 58 warga Sibanggor Julu yang dilarikan ke rumah sakit panyabungan Madina,akhirnya pihak Pemkab Madina melakukan Rapat Kordinasi di aula Bupati pada hari Rabu 16/3/2022 yang langsung dipimpin oleh Wakil Bupati Madina Atikah Azmi dan dihadiri Ketua DPRD Madina Erwin Efendi Lubis serta didampingi Dandim,Kapolres,Kejari dan forkopimda.
Tentu dalam hal ini Aktivis HAM Kontras Independent Sumatera Utara berharap kepada pemerintah daerah dapat menjelaskan ini secepatnya ,karena ini menyangkut tentang kenyamanan dan kehidupan harmonisasi warga di desa sibargor Julu” imbuhnya( liputan Todung Mulya Lubis).

Publiser : Mila / Viansyah.

Media Sarana Restorasi & Informasi Publik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *