Santriwan Santriwati Musolla Nurul Hidayah Peringati Isro’ Mi’roj Nabi Muhammad Saw

Kontras Independent Media Restorasi dan Informsi Publik

Bay Foto Utsman : Santriwan Santriwati Musolla Nurul hidayah saat peringati Isro’ Mi’roj Nabi Muhammad Saw.

www.kontrasindependent.com Malang- Santriwan dan santriwati Musolla Nurul Hidayah Dusun Pitrang Kalipare menggelar hari Isro’ dan Mi’roj Nabi Muhammad Saw. Jum’at 25 Pebruari 2022 Rajab 1443 Hijriyah.

Dalam kegiatan tersebut Ustad H. Zakarya selaku pengasuh Musolla Nurul Hidayah di menyampikan di depan santriwan dan santriwatinya bahwa kita sebagai umat Islam memperingati Isro’ dan Mi’roj ini adalah sebagai bentuk kita mengingat sejarah perjalanan Nabi Muhammad saat menerima perintah untuk Sholat Lima Waktu.

Peristiwa Isra Miraj merupakan perjalanan agung Nabi Muhammad menuju langit ke-7 untuk menerima perintah salat dari Allah SWT dan perjalanan ini hanya di laksanakan hanya satu malam.

Setiap tanggal 27 Rajab, umat muslim selalu memperingati Isra Miraj yang merupakan peristiwa naiknya Nabi Muhammad ke Sidratul Muntaha, sebuah ruang tak tersentuh manusia, untuk menerima perintah shalat. Pengertian Isra Miraj tentunya perlu dipahami seluruh umat Islam. Pengertian Isra Miraj ini bisa dilihat dari kedua katanya.

Isra adalah perjalanan Rasulullah SAW pada suatu malam dari Masjidil Haram di Makkah ke Masjidil Aqsa di Palestina.Al-Quran telah menempatkan Masjid Al-Aqsha dalam kemuliaan. Terlebih saat peristiwa Isra Miraj Nabi Muhammad SAW.

“Maha suci Allah, yang telah memberi jalan hambanya pada suatu malam dari Masjid Al-Haram ke Masjid Al-Aqsha yang telah kami berkahi sekelilingnya agar kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) kami. Sesungguhnya dia adalah maha mendengar lagi maha melihat.”- (QS. Al-Isra: 1)

Di kegiatan tersebut untuk meningkatkan kesemangatan belajar ngaji dan ilmu agama sembari untuk santri di adakan Lomba-lomba Ceramah Agama, seperti Tartilul Qur’an, lomba Adzan, baca surat-surat pendek bagi anak-anak yang kecil dan lomba-lomba lainya.(Utsman)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *