Bencana Terjang Kepanjen Kembali, Puluhan Rumah Tertimpa Pohon Tumbang

Kontras independent Media Restorasi dan informasi publik

www.kontrasindependent.com Malang- Bencana Terjang Kepanjen Kembali, Puluhan Rumah Tertimpa Pohon Tumbang www.kontrasindependent.com Malang- Kepanjen Tertimapa Bencana Kemabli hujan deras di sertai angin puting beliung Puluhan rumah warga tertimpa pohon tumbang,kejadian kemarin sabtu sore 19/2/22.

Sekitar 9 pohon besar wilayah Kepanjen yang tumbang di area Desa Sukoraharjo Dusun Legok, Sukoraharjo Dusun Legok, Kelurahan Penarukan dan Kelurahan Ardirejo.

Camat Kepanjen Eko Margianto saat melakukan Evakuasi bersama Muspika, Beberapa Dinas Bina Marga, BPBD Kabupaten Malang Minggu siang (20/2/22) mengutarakan sementara masih dalam pendataan untuk berapa rumah warga dan toko yang tertimpa Pohon yang tumbang.

Yang jelas ungkap camat “Saat ini Muspika Kecamatan Kepanjen besera beberapa Kepala Desa dan Masyarakat sedang melakukan evakuasi rumah-rumah yang tertimpa dan mebersihkan pohon-pohon yang Tumbang.

Foto 2 : Pohon Besera tumbang wilayah Penarukan menimpa rumah Warga.

Salah satu Kepala dari Desa Sukoraharjo Sujianto di konfirmasi saat di TKP menjelaskan di perkirakan rumah Warga yang tertimpa ada sekitar 20 rumah dan pohonya yang di pinggir jalan ada 9 kalau dengan yang di kampung-kampung sekitar 11.

Kejadian tersebut untuk korban jiwa tidak ada namun untuk kerugian matrial diperkirkirakan sekitar 76 jutaan. Kades Juga menjelaskan sementara ini bantuan untuk masyarakat berupa sembako dan untuk rumah-rumah yang rusak kami sudah memberikan laporan pada pemerintah Kecamatan dan Kabupaten,mudah-mudahan nanti ada bantuan dari Pemkab dan dari Pemerintah Desa insyalloh membantu sesuai kemampuan.

Sementara dari Anggota Koramil Kepanjen Peltu Sugiono di mintai keterangan bahwa “Kami dari Koramil Kepanjen ikut serta aktif dalam penanganan bencana kebetulan kemarin sore wilayah Kepanjen terjadi bencana Hujan deras disertai angin kencang hingga terjadi beberapa pohon tumbang menimpa rumah dan atap rumah warga banyak yang beterbangan karena kena angin puting beliung hingga menutup ruas jalan utama.

“Kami dari Koramil Kepanjen berperan ikut serta menangulangi bencana ini karena itu memang salah satu tugas kami,” Ujarnya.

Salah satu pemilik rumah yang tertipa pohon Suhadi warga Dusun Legok Desa Sukoraharjo menjelaskan saat kejadian pihaknya tidak mengerti karena sedang bekerja tiba-tiba pulang kerja rumahnya bagian depan sudah tertimpa pohon yang besar.

Masih menurut Suhadi “Saat kejadian anak dan istri saya ada di dalam rumah tapi alhamdulilah tidak sampe kwrobohan pohon karena sedang ada di rumah bagian belakang,”Ujaranya.

Suhadi berharap mudah-mudahan ada bantuan dari pemerintah pasalnya cukup parah rumahnya yang tertimpa pohon.

Satu tempat Andri dari BPBD Kabupaten Malang bagian penata penanggulanagn bencana menyampikan saat ini kami dari BPDB sekitar 10 orang melakukan evakuasi membersihkan pohon yang tumbang mulai dari kemarin saat kejadian dan sementara masih 50%.Nanti kita lakukan sampai selesai namun sekarang masih menyelesaikan besi tiang telepon yang tertancap di Pohon roboh yang menimpa rumah warga.(Utsman)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *