Camat Mampang Gelar Pengukuhan Relawan Damkar

Bay Foto: Saat Giat Pengukuhan.

www.kontras JAKARTA SELATAN | KOIN, Pengukuhan relawan pramuka pemadam kebakaran mampang prapatan digelar dihalaman Kantor Kecamatan Mampang Kota Administrasi Jakarta Selatan, Sabtu (22/1/22).

Pengukuhan Relawan Pramuka Damkar langsung dipimpin Camat Kecamatan Mampang Prapatan Jaharudin M.Si, didampingi para pembina Relawan, Kapolsek, Danramil serta Unsur Suku Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Selatan (DAMKAR).

Menurut Camat Mampang Prapatan Jaharudin, dalam sambutannya adek-adek kita yang hadir pada hari ini akan dikukuhkan sebagai Relawan Pramuka Damkar Mampang Prapatan, guna dalam membantu pemerintah terutama dalam hal penanggulangan Bencana khususnya di wilayah Mampang,”Ujarnya.
Jaharudin menjelaskan, wilayah Mampang Prapatan termasuk daerah berpotensi terjadinya bencana seperti banjir, karena pemerintah dalam hal penanganan punya program ketika terjadi bencana banjir dalam waktu Enam Jam penanganan bencana harus sudah selesai, maka dari itu pemerintah juga membutuhkan keterlibatan peran serta masyarakat, Jaharudin menambahkan, diwilayahnya ada sekitar 12 RW masuk kategori daerah kumuh, ini juga potensi terjadinya bencana banjir dan kebakaran,”Ungkapnya.

Lukman Hakim Ketua Kwartir Relawan Pramuka Damkar Peduli Mampang, dirinya mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kecamatan Mampang dan dari Suku Dinas Pemadam Kebakaran Kota Jakarta Selatan, yang telah memberikan pelatihan kepada para relawan Pramuka Damkar Peduli Mampang dengan diberikan pelatihan penanganan penanggulangan bencana kebakaran dan terimakasih kepada semua pihak yang terlah membantu terselenggaranya pengukuhan Relawan,”Ucapnya.
Sementara Sudrajat S.E, Danton Grup A Pengendali Pemadam Kebakaran Sektor 3 Kecamatan Mampang mengatakan, Relawan ini kita bekali dengan pelatihan teknik dan cara memadamkan api, baik dengan cara tradisional maupun dengan alat Modern, dengan cara memadamkan api tradisional yaitu dengan pakai karung basah yang tujuannya penanganan tingkat dini dimasyarakat seperti kebakaran akibat dari kompor.

Selanjutnya Relawan kita berikan pelatihan dengan memakai alat modern Alat Pemadam Api Ringan (APAN) tujuannya untuk mengurangi melebarnya api bila terjadi kebakaran.Menurut Sudrajat Tujuan relawan ini tiada lain sesuai dengan instruksi kepala Dinas Pemadam Kebakaran (DAMKAR) DKI Jakarta Sutriadi Gunawan, guna menekan tingkat kebakaran di DKI Jakarta,”Jelasnya.(Ten Jagur/Ismail).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *