Syaakira View and Resto Siap Jadi Tuan Rumah Festival Durian Lokal Tabagsel

Kontras Independent Media Sarana Restorasi Dan Informasi Publik

www.kontrasindependent.com.18 Agustus 2021

Tapsel, Kontras Independent I Kami mendukung siap untuk menjadi tuan rumah festival tersebut,”ungkap CEO Chief Executive Officer, Indar Sakti Tanjung mengatakan. Dia mengatakan, kegiatan-kegiatan seperti harus mendapat dukungan dari seluruh pihak, termasuk Syaakira The View And Resto.

Dia menilai, festival durian tersebut akan menggali potensi-potensi daerah yang ada di wilayah Tapanuli Bagian Selatan. Selain itu, kata mantan anggota DPRD Sidimpuan tersebut, gelaran festival akan menjadi salah satu promosi daerah, terutama wilayah yang ada di Tabagsel.

“Secara tidak langsung akan menjadi promosi daerah, sehingga harus didukung dan dimanfaatkan,”tandasnya.

Sementara itu, Pengarah Panitia Pelaksana Festival Durian Tabagsel, Rudi Hermanto menjelaskan, tujuan dari kegiatan tersebut untuk mencari bibit unggul durian dari wilayah Tabagsel. Selanjutnya, akan didaftarkan ke Kementerian Pertanian RI. “Ini program dari Badan Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan Sumut,”tuturnya.

Kesiapan tempat festival itu sebagaimana hasil perbincangan Pemilik Syaakira View and Resto Indar Sakti Tanjung bersama Rudi Hermanto selaku Tim Pengarah Festival Durian, di Marancar, Rabu (18/8).

Menurut Rudi Hermanto yang juga Anggota Komisi A DPRD Sumut bahwa festival durian tersebut kali pertama dilaksanakan di Tapanuli Bagian Selatan bekerjasama dengan Badan Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan Sumut. 

“Pesertanya terbuka untuk umum se Sumut khususnya bagi pemilik pohon durian lokal. Tidak dipungut bayaran. Selain mendapat hadiah menarik, buah durian lokal pemenang nantinya akan lebih di kenal di kancah nasional, ” katanya.

Karena festival ini sekaligus mencari bibit-bibit durian yang bagus di Sumut dan selanjutnya akan didaftarkan ke Kementerian Pertanian. Sehingga, kedepannya bibit-bibit durian tersebut nantinya dibantu dalam hal pengembangan budidaya durian lokal tersebut. “Cetus Rudi kembali”

“Terkait waktu pelaksanaan festival masih menunggu jadwal dari pihak Badan Pemberdayaan Ekonomi Sumut yang diketuai Ir Sugianto Makmur. Bagi masyarakat yang punya pohon (kebun) durian bersiap-siap untuk ikut even ini,” katanya.

Owner Syaakira View and Resto Indar Sakti Tanjung mengatakan merasa senang akan digelarnya acara festival durian di lokasi objek wisata berhawa sejuk yang dia kelola. “Saya siap menyambut tamu-tamu dengan baik demi kelancaran festival ini,”pungkas indar “

Dikatakan Sebelumnya festival ini telah sukses menggelar acara yang sama baru-baru di Kota Binjai dan Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Tujuan lain untuk memotivasi Dinas terkait bersama petani untuk lebih dapat melestarikan durian lokal Sumut. (BR) 



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *