Sudin Dukcapil Jakbar Buka Layanan Penggantian Identitas Jenis Kelamin e-KTP Transgender

Kontras Independent Media Sarana Restorasi Dan Informasi Publik

www.kontrasindependent.com_13 agustus 2021

JAKARTA, KOIN – Layanan pembuatan dan penggantian identitas e-KTP bagi warga transgender telah dibuka sejak 2 Agustus 2021 di kantor Suku Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil Jakarta Barat (Sudin Dukcapil Jakbar).

Namun karena masih dalam masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4, kuota layanan per hari dibatasi yakni hanya lima orang.

“Karena PPKM kita batasi kuota karena masih PPKM, kita batasi lima orang per hari,” kata Plt Kadisdukcapil DKI Jakarta Budi Awaluddin kepada wartawan Jumat kontras.independen.news. Jumat (13/8/2021).

Budi menjelaskan, jika transgender hendak mengubah identitas maupun foto, maka mereka dapat datang ke kantor dengan membawa KTP terdahulu, kartu keluarga (KK), serta dokumen pendukung lainnya yang dimiliki.

Namun, Budi menegaskan, jenis kelamin yang tertera di e-KTP tetap sesuai yang tertera di akta lahir selama belum ada keputusan pengadilan.

“(Jenis kelamin) tetap, tidak berubah kecuali ada keputusan pengadilan terkait jenis kelamin,” jelas Budi.

Lanjut Budi, tercatat sudah ada sebanyak 52 warga transgender yang dilayani di Sudin Dukcapil Jakbar. Mayoritas warga transgender yang datang melakukan perubahan foto.

Sementara, ada tiga orang warga yang belum memiliki KTP dan mengurusnya ke Sudin Dukcapil Jakbar.

“Bagi yang belum mempunyai NIK, maka dilakukan perekaman untuk pembuatan NIK. Namun sebelumnya mereka diverifikasi terlebih dahulu dengan sistem kependudukan kami melalui pengecekan sidik jari pada alat biometrik kita. Kalau memang belum ada, maka kita buatkan NIK dan KTP,” paparnya.

Di samping itu, warga transgender yang KTP-nya belum diperpanjang juga dapat diurus di kantor Sudin Dukcapil Jakbar. (Ismail Marjuki)


Sudin Dukcapil Jakbar Buka Layanan Penggantian Identitas Jenis Kelamin e-KTP Transgender

Pimpinan pusat:Fathur Rochman 0823-1436-3393

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *