Mengenal Lebih Dalam, Apa Itu BANSER

Utsman bersama Budi Banser.

www.kontrasindependent.co Malang- Banser adalah Barisan Ansor Serbaguna, sesuai penjelasan salah satu SATKORYON (Satuan Koordinasi Rayon) Kec. Kalipare Budi asal Dusun Kauman Desa Kalipare Kab. Malang.

Disela lepas menjaga keamanan kegiatan Sosial Santunan anak yatim di ponpes Miftahul Munir Krajan Kalipare Rabu 28 April 2021 menjelaskan bahwa kegiatan BANSER itu flexibel namun frekuensinya cenderung kegiatan keagamaan.

Corp Banser ini lebih sering kegiatan sosial tanpa gajih, kontribusi keamanan setiap kegiatan keagamaan menjadi target program utama.

Dalam Peraturan Organisasi (PO) Pasal 23, Banser disebut sebagai organisasi yang bersifat keagamaan, kemanusiaan, sosial kemasyarakatan, dan bela negara.

Untuk melaksanakan itu, Banser telah memiliki beberapa satuan khusus, di antaranya Densus 99 Asmaul Husna, Banser Tanggap Bencana (Bagana), Banser Relawan Kebakaran (Balakar), Banser Relawan Lalulintas (Balantas), Banser Kesehatan (Banser Husada), Banser Maritim (Baritim), dan Banser Protokoler.

Detasemen Khusus 99 Asmaul Husna selanjutnya disingkat Densus 99 adalah satuan tetap Banser yang bertugas mengamankan program-program keagamaan dan program-program sosial kemasyarakatan sebagai partisipasi GP Ansor kepada negara dalam menghadapi tantangan global dan upaya memerangi radikalisme agama dalam berbagai bentuk.(Utsman)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *