Hari Kartini Tahun 2021 Tetap di Kenang

RA Kartini bersama Suami K.R.M. Adipati Ario Singgih Djojo Adhiningrat

Www.kontrasindependent.co Malang- Hari Kartini diperingati setiap 21 April. Peringatan tersebut berawal dari adanya Keputusan Presiden RI No. 108 Tahun 1964 pada 2 Mei 1964.

Dari situlah Pemerintah Indonesia selalu memperingati pahlawan perempuan asal Jepara itu.
Berdasarkan Kepres di masa Presiden Soekarno Raden Ajeng (RA) Kartini ditetapkan sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional.

Peringatan 21 April sebagai Hari Kartini lantaran sesuai dengan hari lahir Kartini dimana beliau diketahui lahir di Jepara pada 21 April 1879.

Mengutip lansiran berita dari Kompas.com Kartini adalah putri tertua keturunan keluarga ningrat Jawa atau istilahnya keluarga priyayi atau bangsawan. Ayahnya merupakan Bupati Jepara yang bernama Raden Mas Sosriningrat.

Sementara itu Ibu bernama M.A. Ngasirah yaitu putri anak dari seorang guru agama di Teluwakur, Jepara. Tidak hanya pesohor di kala itu, keluarga Kartini dikenal cerdas.

Sang kakek, Pangeran Ario Tjondronegoro IV adalah sosok cerdas yang diangkat menjadi bupati di usia 25 tahun. Emansipasi wanita mulai menggema di Indonesia atas jasa Kartini.

Dia menjadi tokoh yang aktif memperjuangkan kesetaraan hak perempuan.
Sebagai perempuan Jawa, dia sangat merasakan ketimpangan sosial antara perempuan dan laki-laki kala itu.

“Sejarah itu kita sebagai bangsa khususnya kaum wanita jangan pernah melupakan hal itu,”Ujar Mbah Wati asal Malang, salah satu sumber yang mengerti pada zaman itu.(Utsman)







Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *