Kumunitas Mentok Gelar Festifal Kontes Perdana Di Malang

WWW.KONTRASINDEPENDENT.COM.Media Sarana Restorasi Dan Informasi Publik

Ket foro: Festival kontes mentok di markas Kostrad Singosari.

Kontras Independent Malang- Baru Perdana di Malang Raya Kumunitas Mentok gelar Festifal Kontes di Markas Kampung Tentara Divif 2 Kostrad yang berada Kec.Singosari pada Minggu 21 Maret 2021.

Dalam kontes ini Iwan selaku ketua panitia menjelaskan bahwa Fstifal ini baru pertama di Malang dan pesertanya dari berbagai Wilayah luar kota diantaranya Garut, Tulung Agung, Nganjuk, Mojokerto, Blitar, Magetan, Lamongan, Pasuruan dan Malang Raya.

Iwan juga menambahkan dalam kontes ini antosias peserta cukup bagus jumlah peserta berdasarkan data statistik sekitar 200 orang.

Adapun Kategori yang di lombakan di antaranya pertama bobot, kedua kedua Best Of the Besat all Class dan ketiga adalah Beauty Kontes adapun yang ketiga ini ada tiga kategori yakni Entok jumbo, Rambong Segala Jenis+warna, kategory Entok lokal/Dragon.

Dewan Juri kelas jumbo dan Rambon Janoko berkomentar secara umum cukup bagus walau dengan waktu singkat, dalam penilaian sekelas jumbo adalah fostur dari berat badan, tinggi badan, lebar badan atau kerapian kegantengan mentok.

“Harapan saya dunia mentok semakin berkembang dikenal oleh masyarakat dan harga semakin bagus selain itu harapanya pemerintah khususnya Dinas Peternkaan semakin memperhatian kepada para peternak mentok karena selama ini belum ada perhatian dari pemerintah,” Ujarnya.

Hendrik peserta dari Blitar Tronton Group menyampakan “Saya senang sekali ikut kontes ini, dan baru kali ini saya ikut kontes,semoga kedepan acara ini bisa di gelar kembali dan bisa lebih baik lagi,” Ungkapnya.

Satu lagi peserta dari Demak Jawa Tengah Boletoz mengatakan ini bagus sekali untuk menunjang harga jual beli mentok dan untuk meramaikan mentok Yess di Indonesia, pihaknya sudah 6 Tahun berkecimpung di dunia permentikan, harapanya semoga ada perhatian dari pemerintah.

Adapun kendala dalam budi daya mentok hias ini adalah kesehatanya karena pada dasarnya pakan mentok itu harus standart nutrisi karena disini ada namanya penyakit mata biru, disitu kalau kena penyakit mata biru ini satu kandang bisa kena semua. Oleh sebab itu penting sekali adanya bantuan dari pemerintah berupa faksin,pakan dan lain sebagainya.

Salah satu penyandang dana dalam acara ini yaitu Ilham mengutarakan alhamdulilah antosias dari teman-teman itu sangat bagus karena dari luar daerah juga ikut hadir dalam acara ini.

“Harapan saya pemerintah memperhatikan terhadap para pembudidaya / peternak mentok. Dari segi bantuan pakan atau bibit ataupun yg lain . Supaya para peternak mentok punya semangat dan lebih maju karena selama ini para peternak mentok belum pernah tersentuh oleh pemerintah, mentok ini adalah unggas istimewa namun di pandang sbelah mata sedangkan secara pasar selalu stabil harga bukan turun tapi malah naik,”Pungkasnya.(Utsman)


#berita Jawa timur #berita kontras regional situbondo #Berita Malang raya #berita viral #haripersnasional #kontrasindependent #Kontras Independent #kontras regional situbondo # kontras sumbar Berita hangat Berita hari ini Berita tangsel Berita terkini Kontras independent Kontras jatim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *