Konspirasi Bank Nagari Pasaman Barat,Permen kop-UMKM tidak berlaku di Bank Nagari

Spread the love

KontraS Independent Media Sarana Restorasi & Media Sarana Informasi Publik

Www.kontrasindependent.com – 13 – November – 2020Pasbar, Peraturan Menteri Koperasi dan UMKM nomor 09 tahun 2018 yang menjelaskan dan mengatut tentang petunjuk teknis tentang Rapat Anggota Luar Biasa.Namun tidak dapat diterima oleh pejabat Bank Nagari peraturan menteri tersebut.

KUD Permata Sawit Maligi yang berdomisili di kejorongan Maligi kenagarian Sasak Kabupaten Pasaman Barat melaksanakan Rapat Anggota Luar Biasa pada tanggal 29 September 2020 lalu menimbulkan tanggapan negatif dari pejabat perbankan yaitu Bank Nagari Pasaman Barat Provinsi Sumatera Barat, Hendrianto

“Ini rapat luar biasa jadi ngak pakai serah terima antara pengurus lama kepada pengurus baru, kecuali Rapat Anggota Tahunan baru pakai acara surat serah terima”.terang ketua Kontras Independen Regional Sumatera,M.Batubara. Namun lain halnya tanggapan negatif dari pihak pejabat perbankan Bank Nagari ” jika tidak ada serah terima itu menyalahi hukum..!” Ungkap Hendrianto tegas. “harus ada pengesahan dari dinas koperindag atau pemerintah daerah setempat wali nagari atau pamong setempat” ucap Hendri tambah ngawur.

“Keputusan tertinggi dalam koperasi itu ada ditangan anggota pak, jadi tak ada satupun peraturan perundang-undangan yang mengatakan bahwa instansi lain yang mensahkannya”.terang M.Batubara membantah statement pejabat Bank Nagari tersebut.

“Itu yang melegesnya kan notaris Lubuk Sikaping? Harusnya notaris Simpang Empat..!”ungkap Hendrianto tanpa mau membaca notaris mana yang meleges pengesahan susunan pengurus hasil rapat luar biasa tersebut. “Apa pengurus lama juga diperlakukan hal yang sama pak?” Ungkap awak media KontraS Independen Regional Sumatera. “Sama..”.jawab pejabat Bank Nagari Pasaman barat tersebut. Sedangkan dalam sepengetahuan media KontraS Independen, pengurus lama juga melegalkan surat pengukuhan susunan pengurusnya melalui pejabat notaris luar dari Simpang Empat Pasaman Barat.

Terlihatlah dan terjawab sudah konspirasi yang disembunyikan oleh pejabat perbankan Bank Nagari tersebut. “Saya minta kepala dinas koperindag untuk mensahkan pengurus baru, surat tanda terima pengurus lama ke pengurus baru setelah itu kami akan minta kuasa hukum bank nagari pusat Padang buat memberikan rekomendasi terkait permasalahan ini”. Terang Hendrianto selaku pejabat Bank Nagari Pasaman Barat yang terkesan mempersulit pengurusan pihak pengurus baru tersebut.

Pihak Dinas Koperindag Pasaman Barat melalui Kadis Rafa’an dan Sekdis Sukarni serta Kabid koperasi menolak dengan tegas “tidak berhak dan wajib pihak koperindag mengeluarkan surat pengesahan pengurus baru KUD Permata Sawit Maligi tersebut”. “Semua sudah sesuai peraturan kementerian Koperasi secara juknis dan teknis maka pihak koperindag hanya tembusan saja dan tidak berhak mensahkannya, yang melakukan pengesahan itu adalah Rapat Anggota baik RAT maupun RAT luar biasa”.terang Simar Kabid koperasi dinas koperindag Pasaman Barat.

Semuanya sudah terjawab dengan sendirinya atas permintaan dari pejabat perbankan Bank Nagari Pasaman Barat, Hendrianto,(Fahmi Handri).

MEDIA SARANA RESTORASI DAN MEDIA SARANA INFORMASI PUBLIK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *