Pemerintah Kabupaten Madina Laksanakan giat Peremajaan Ratusan Hektar Perkebunan Lahan Sawit Rakyat Batusondat

Foto lahan perkebunan Kelapa Sawit Rakyat Kabupaten Madina Sumatra.

KontraS Independent Media Sarana RESTORASI dan Media Sarana Informasi PUBLIK.

Www.kontrasindependent.com – 05 – Agustus – 2020 – Madina – Peremajaan tanaman sawit yang sudah masuk pada masa replanting dilakukan melalui proses tahapan seleksi dan pemetaan yang spesifik oleh dinas perkebunan kab.Madina sumatera Utara.

Sedikitnya seratusan hektar lebih kebun masyarakat Desa Batusondat kab.madina prov.sunatera Utara sudah masuk pada tahapan penumbangan dan ciping yang dimulai hari ini 04/08.

Sistim kontrol kelompok yang diterapkan sesuai petunjuk dinas perkebunan, Kelompok tani “barokah” yang memiliki total lahan kisaran 110ha hari ini mulai dilaksanakan penumbangan dan proses ciping nya dilapangan.

Mahyarni dan Yurisma selaku ketua dan bendahara kelompok tani “Barokah” mengatakan bahwa aplikasi replanting ini menggunakan dana Hibah Pemerintah kab. Madina untuk sektor pertanian Rakyat.

Petugas yang ditunjuk sebagai pelaksana dari PT.Raja Muda Group, perusahaan lokal Sidimpuan yang khusus juga menangani pekerjaan peremajaan perkebunan.

Sementara itu pimpinan proyek PT.Raja Muda Group Aan menjelaskan bahwa sejauh ini beliau belum bisa memprediksi jumlah total keseluruhan lahan yang akan dikerjakan.

Aan saat dikonfirmasi Awak media melalui selularnya, menjelaskan bahwa karena jumlah perhitungan di SPK bisa jadi nantinya berubah saat pengukuran melalui GPS.

Foto by kontraS Independent team KoiN Sumatra.

Mahyarni selaku ketua kelompok Barokah menyampaikan bahwa upaya pemerintah dalam hal pembiayaan peremajaan sawit rakyat melalui dana Hibah pemerintah ini sangat membantu masyarakat, terutama anggota kelompoknya.

Dari lokasi pengerjaan dapat diperhatikan bahwa pengerjaan menggunakan alat eskapator ini cukup praktis sebab langsung dilakukan penyimpangan atau cuping pohon keras sawit tersebut.

Mahyarni saat diwawancara awak media juga menjelaskan bahwa proses ini juga hingga penanaman dengan bibit sawit unggul yang juga melalui proses seleksi tim ahli perkebunan. (M.Batubara)

Salam hormat pimpinan redaksi Fathur Rahman

One thought on “Pemerintah Kabupaten Madina Laksanakan giat Peremajaan Ratusan Hektar Perkebunan Lahan Sawit Rakyat Batusondat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *