Polres batu lakukan Apel Operasi Lilin Semeru 2019

Foto Kapolres Batu AKBP Harvadhi Agung Prathama , SIK, MIK

KontraS independent Media Sarana Restorasi dan informasi Publik.

Operasi Lilin Semeru 2019, Kota Batu Dijamin Aman

Www.KontraSindependent.com-Malang Jawa timur – 21-Desember-2019 – Batu – Kapolres Batu, AKBP Harvadhi Agung Prathama, SIK., MIK, memimpin apel gelar pasukan Operasi Lilin Semeru 2019 Polres Batu. Apel dilaksanakan di samping Alun-alun Kota Batu, Kamis (19/12/2019).

Dalam kegiatan apel gelar pasukan kali ini melibatkan 486 personel gabungan. Ratusan personel tersebut terdiri atas TNI, Polri, Satpol PP, serta dari personel gabungan ormas yang ada di Kota Batu.

“Lebih jelasnya dalam gelar operasi ini terdiri atas 250 personel dari Polri, 30 personel dari TNI, 72 personel dari Satpol PP dan gabungan personel lainnya dari Pemkot Batu, serta 116 personel dari ormas yang ada di Kota Batu,” ujar Kapolres kepada awak media.

Selain itu, Pak Harvi, sapaan akrabnya, juga menjelaskan ada 40 pos yang didirikan dalam Operasi Lilin Semeru 2019. Rincinya, lima unit pos pengamanan, satu unit pos pelayanan, 15 unit pos pantau, dan 19 unit pos wisata yang tersebar di beberapa titik di Kota Batu.

Bukan hanya itu, Pak Harvi juga mengungkapkan, wisatawan yang berkunjung ke Batu saat pergelaran Operasi Lilin Semeru mengalami peningkatan setiap tahunnya. Mulai tahun 2017 ada 228 wisatawan dan tahun 2018 meningkat menjadi 237 ribu wisatawan.

Foto berssma upaca dalam rangka menjelang operasi Lilin

“Dalam kurun waktu mulai 2017 sampai dengan 2018, wisatawan yang datang mengalami peningkatan sebanyak 9.000 pengunjung. Ini dampak dari dibukanya jalan tol yang menghubungkan langsung dari arah surabaya dan sekitarnya, serta jalan Singosari. Sehingga bisa memudahkan arus lalu lintas jangkauan wisatawan yang akan ke Kota Batu,” tuturnya.

Ia juga menjelaskan, pada prinsipnya Polres Batu didukung beberapa elemen masyarakat siap mengamankan setiap kegiatan masyarakat selama Natal dan tahun baru.

“Mari beramai ramai datang ke Kota Batu. Kami menjamin Kota Batu dalam kondisi aman dan nyaman bagi para pengunjung objek wisata. Selain itu, kami juga siap untuk menggelar pengamanan bagi umat Nasrani yang pada momentum ini merayakan Natal dan tahun baru di Kota Batu. Baik itu pengamanan terbuka maupun tertutup. Tujuannya supaya umat nasrani bisa beribadah dengan nyaman dan khusuk,” pungkasnya.

Usai apel gelar pasukan, Polres Batu juga melaksanakan pemusnahan barang bukti minuman keras (miras) dari hasil operasi yang dilakukan selama dua minggu. Total barang bukti yang berhasil diamankan dan dimusnahkan dalam kegiatan ini sebanyak 1.373 botol miras dan 18 knalpot brong.

“Seperti yang kita lihat bersama tadi, diawali dengan pemusnahan miras dan knalpot brong secara simbolis oleh beberapa perwakilan forkopimda. Total barang bukti yang dimusnahkan ada sebanyak 1.373 miras dan 18 knalpot brong. Semua itu didapat dari operasi yang dilakukan oleh sat lantas dan personil Polres Batu selama dua minggu,” terangnya.

Kapolres Batu menambahkan, pihaknya berharap dengan digelarnya kegiatan tersebut dapat menciptakan situasi kondusif dan aman di Kota Batu. Khususnya bagi wisatawan maupun umat kristiani yang akan merayakan natal dan tahun baru di Kota Wisata Batu,(Reagan/Munir).

Salam Hormat pimpinan Redaksi
Fathur Rochman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *