Kadis Lingkungan hidup diduga melakukan pembohongan Publik terkait jawaban analisis Limbah PT.AWL

Foto Gedung KPK dan Logo KontraS Independent

KADIS LINGKUNGAN HIDUP DIDUGA MELAKUKAN PEMBOHONGAN PUBLIK TERKAIT JAWABAN ANALISIS LIMBAH PT. AWL

Www.KontraSindependent.com-15-Nov-2019-Pasaman barat – KontraS Independent-Terkait tindak lanjut pengaduan aktifis KontraS IndepeNdeNt kepala wilayah sumatera M.Batubara S.I.Kom, dinas lingkungan hidup Pasaman barat mengeluarkan surat berita acara analis uji laboratorium dan verifikasi lapangan dengan nomor 660/341/DLH/-2019.

Berkenaan dengan pengaduan aktifis KontraS wilayah sumatera perihal polusi udara yang diakibatkan gas buang atau asap dan gas fermentasi tumpukan tandan kosong sawit limbah pengolahan CPO PT . Agro Wira Ligatsa yang beroperasional di Simpang tigo alin kecamatan Gunung Tuleh kabupaten Pasaman Barat – Sumatera barat.

Foto Cerobong Asap PT.AWL pantauan team KontraS Independent

Surat yang tertanggal 23 September 2019 itu mejelaskan hasil analis Uji sampel udara Ambien yang menggunakan UPT. Laboratorium lingkungan dinas lingkungan hidup kabupaten Agam menyatakan semua parameter yang diuji berada dibawah baku mutu berdasarkan peraturan pemerintah repoblik indonesia no 41 tahun 1990.

Foto Limbah PT.AWL

Adapun parameter yang diujikan adalah Sulfur Dioksida, Nitrogen Dioksida, TSP atau debu dan Karbon Monoksida. Uji emisi ini juga meliputi Boiler dan Emisi Genset.

Kepala dinas lingkungan hidup kab.pasaman barat ADRINALDI,AP,M.Si dalam surat yang ditandatanganinya ini menegaskan dengan simpulan bahwa bau busuk yang menyengat dilingkungan pabrik dekat lingkungan berpenduduk ini bukan disebabkan dari limbah asap PT. AWL dan berdasarkan hasil survey lapangan tim dinas lingkungan hidup kabupaten Pasaman Barat pada tanggal 6 September 2019 terkait tumpukan tandan kosong mendapatkan keterangan pihak perusahaan bahwa pihak perusahaan akan memanimalisir nya, namun hingga berita ini diturunkan gunungan tandan kosong itu masih menumpuk dan terus bertambah.

Sementara aktifis KontraS M.Batubara menyampaikan kepada awak media akan meminta kepala dinas lingkungan hidup ANDRINALDI,AP
M.Si untuk berdomisili selama seminggu di Simpang tigo alin ini agar kepala dinas menikmati aroma busuk yang dihasilkan oleh PT.AWL ini.

Foto Kabiro kontraS independen bersama team di kantor kecamatan gunung tuleh saat dikonfirmasi team inspeksi dinas Lingkungan

Hal ini diharapkan beliau agar bersama sama mengetahui benar atau tidaknya hasil kajian analisis dinas dibawah pimpinannya ini. Terkait tempat tinggal atau rumah yang akan ditempati kepala dinas dan stafnya, nantinya aktifis KontraS ini akan menyediakan secara swadaya kelembagaannya.

Andirinaldi,Ap.M.Si saat dikunjungi awak media tidak dapat ditemui dikantornya karena masih ada tamu, tutur asprinya dan Aspri kepala dinas ini mengarahkan kepada kasi pengaduan. (Musliadi/tim investigasi KontraS independent)

By KontraS Independent.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *