Perbedaan antara Wartawan dengan Reporter dan fungsi pokok wartawan,pers,reporter

KontraS Independent Media Sarana Restorasi dan Informasi Publick.

Www.KontraSindependent.com-Malang Jatim-Reporter merupakan salah satu jenis atau jabatan dari kewartawanan, dilansir dari id.Wikipedia.org Reporter bertugas melakukan peliputan berita (news gathering) di lapangan dan melaporkannya ke pada publik, baik dalam bentuk tulisan untuk media cetak atau dalam situs berita di internet, atau pun secara lisan, bila laporannya disampaikan melalui media elektronik radio  atau televisi. Hasil kerja reporter, baik merupakan naskah tulisan ataupun lisan, umumnya harus melalui penyuntingan redakturatau produser berita sebelum bisa disiarkan kepada publik.

Wartawan adalah orang yang secara teratur melaksanakan kegiatan jurnalistik dengan baik dan benar, sedangkan Pers adalah lembaga sosial dan wahana komunikasi massa yang melaksanakan kegiatan jurnalistik meliputi mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi baik dalam bentuk tulisan, suara, gambar, suara dan gambar, serta data dan grafik maupun dalam bentuk lainnya dengan menggunakan media cetak, media elektronik, dan segala jenis saluran yang tersedia.

Jadi tugas pokok seorang jurnalis hanyalah menulis menulis dan menulis akan tetapi didalam melaksanakan tugas sebagai jurnalis selalu menghormati norma-norma dan kode etik jurnalis dan apabila didalam menjalankan tugas profesinya, bagi siapa saja yang secara melawan hukum dengan sengaja melakukan tindakan yang berakibat menghambat atau menghalangi pelaksanaan ketentuan Pasal 4 ayat (2) dan ayat (3) dipidana dengan pidana penjara paling lama 2 (dua) tahun atau denda paling banyak Rp. 500.000.000,00 (Lima ratus juta rupiah).

Berikut ini tugas, pokok dan fungsi wartawan Dalam buku BLUR : HOW TO KNOW WHAT’S TRUE IN THE AGE OF INFORMATION OVER LOAD karya Bill Kovach dan Tom Rosenstiel yang dikutip oleh Budlimbad, sebagai berikut.

1.AUTHENTICATOR, yakni konsumen memerlukan wartawan yang bisa memeriksa keautentikan suatu informasi.

2.SENSE MAKER  yakni menerangkan apakah informasi itu masuk akal atau tidak.

3.INVESTIGATOR  yakni wartawan harus terus mengawasi kekuasaan dan membongkar kejahatan.

4.WITNESSS BEARER  yakni kejadian-kejadian tertentu harus diteliti dan dipantau kembali dan dapat bekerja sama dengan reporter warga.

5.EMPOWERER  yakni saling melakukan pemberdayaan antara wartawan dan warga untuk menghasilkan dialog yang terus-menerus pada keduanya.

6.SMART AGGREGATOR  yakni wartawan cerdas harus berbagi sumber berita yang bisa diandalkan, laporan-laporan yang mencerahkan, bukan hanya karya wartawan itu sendiri.

7.FORUM ORGANIZER  yakni organisasi berita, baik lama dan baru, dapat berfungsi sebagai alun-alun di mana warga bisa memantau suara dari semua pihak, tak hanya kelompok mereka sendiri.

8.ROLE MODEL yakni tak hanya bagaimana karya dan bagaimana cara wartawan menghasilkan karya tersebut, namun juga tingkah laku wartawan masuk dalam ranah publik untuk dijadikan contoh ataupun figur Publik,(tim independent).

By:KontraS Independent Media Sarana Restorasi dan Informasi Publik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *