Pembuangan Limbah PT.AWL beriko menganggu kesehatan masyarat setempat

KontraS Independent Media Sarana Restorasi dan Informasi Publick

Foto Limbah Pt.AWL

REMEHKAN RESIKO KESEHATAN WARGA, PT.AWL BANGUN PEMBUANGAN LIMBAH ASAL JADI.

Www.KontraSindependent.com,Media Sarana Restorasi dan Informasi Publick,Sumatra barat-31-agt-2019-Dari penghitungan menggunakan photo satelit, ternyata jarak antara pemukiman padat penduduk dikejorongan (dusun-red) Simpang tigo alin kecamatan Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat provinsi sumatera barat hanya 400- an meter saja.

Menyimak dari data dinas kesehatan setempat, bahwa ada masalah gangguan kesehatan
Sebanyak 150 kasus dari 100.000.000 ibu hamil dan
jumlah ini kemungkinan bisa mencapi lebih banyak lagi, hal ini disampaikan oleh DA seorang aktifis kemasyarakatan di sana.

Sebelumnya media ini juga telah memberitakan aktifitas pengolahan PT. Agrow Wira Ligatsah (AWL) yang dianggap memandang sebelah mata keselamatan dan kelangsungan hidup masyarakat terzona, hal ini dilihat dari bebasnya perusahaan pengolahan CPO ini membuang limbah asap keudara bebas.

Disamping berdampak polusi udara, perusahaan ini juga leluasa membuang dan menumpuk Tandan sawitnya di areal samping pabrik hingga menggunung, menumpuknya tandan buah sawit disisi pabrikan “Suardi” ini juga berkonsrtibusi menyebabkan keresahan masyarakat sekitar akibat bau busuk dan merubah air sungai menjadi hitam.

Dekatnya tumpukan limbah janjang kosong ini dari sungai jelas telah menabrak undang undang eksploitasi sungai ditambah lagi jarak antara bak pemampung limbah cair begitu dekat.

Terbuka nya bak bak penapungan limbah cair, dan bebasnya pembuangan limbah asap dan limbah gas uap buang rebuasan menambah daftar panjang pelanggaran yang dilakukan managament PT. AWL terhadap undang undang konserfasi dan eksploitasi secara terang terangan.

Sementara Kapolres Pasaman barat AKBP Imam menyatakan,” terimakasih atas info yang disajikan media manakala setelah membaca pemberitaan tentang pelanggaran ini,”tegasnya.

AKP. Afrides Roema, SH selaku Kasat Reskrim polres Pasaman barat menyampaikan kepada awak media akan segera melakukan cek lokasi bersama dinas terkait. Hal ini disampaikan beliau melalui pesan singkat WhatsApp kepada awak media pekan lalu.

Simaremare adalah staf managament PT.AWL mengatakan tidak tau apa dan dimana itu PT.Hwl, saat dikonfirmasi awak media, hingga berita ini dirilis yang kedua kalinya nomor WhatsApp Simaremare tidak lagi dapat dihubungi awak media.

Baik nomor kontak Simaremare dan bos besar Perusahaan secara berjamaah telah memblok nomor awak media berikut dengan menghilangnya Simaremare dari penelusuran awak media, menurut info yang dapat dipercaya bahwa Simaremare telah dipindahkan usai media ini merilis pemberitaan tentang keluhan masyarakat akibat aktifitas pabrik sawit PT. AWL yang menimbulkan polusi ini. (M.Batubara)

Berdasarkan Surat Edaran Kapolri No se 8/VII/tahun 2018 tentang penerapan keadilan Restorasi

By:KontraS Independent Media Sarana Restorasi & Informasi Publick.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *